Saturday, April 28, 2018

90s Battle: The So-Called Brit Invasion

gambar dari sini

Ngobrolin tahun 90an tentu tak akan lengkap tanpa musik! Terlalu banyak musik keren berasal dari era ini. Sehingga pas banget rasanya kalau saya dan mamah merah memutuskan ngobrolin topik ini. Musik jenis mana yang bakal diobrolin juga sempat bikin pusing, banyak musik bagus, semua mau diobrolin. Huhu. Tapi, akhirnya kita sepakat juga ngobrolin topik BRITISH INVASION ini.  Cerita winda dapat ditemukan di sini.

a phenomenon that occurred in the mid 60s when a group of 'rock n roll' and 'pop music' acts from the United Kingdom, as well as other aspects of British Culture, became popular in the USA.
definisi dari Collins Dictionary

Invasi Inggris secara umum mengacu pada merambahnya musisi dari Kerajaan Inggris ini ke pasar musik Amerika Serikat di dekade tahun 60an. Bukan hanya merambah dalam hal memasuki industri musik USA, namun juga masuk dalam tangga lagu Hot 100 Billboard, tangga lagu terpopuler di dunia. Tren ini tentu dimulai dari sang legenda, The Beatles, sebagai pelopor. Musisi yang melakukan invasi tidak hanya yang berasal dari tanah Inggris, tapi juga koloni di sekitarnya, yaitu Skotlandia dan Irlandia.

Apabila dibagi per era. dapat dikelompokkan ke dalam empat dekade besar, seperti disarikan dari sini







Pada tahun 90an sebenarnya masa kejayaan musisi Inggris mulai menurun, tapi pada saat bersamaan grup musik yang ikonik pun muncul dan menjadi salah satu tonggak penting era 90an. Tidak lengkap membicarakan musik 90an tanpa mereka di dalamnya. Beberapa artikel di sini dan sini membicarakan mengenai pergerakan dari invasi para musisi UK tersebut ke USA. Walaupun lebih sedikit musisi di era 80 dan 90an yang melakukan invasi dibanding dua dekade sebelumnya, namun dampaknya lebih besar sehingga layak disebut Second British Invasion.

Menurut saya, satu hal yang membuat musisi tahun dari tahun 80 dan 90an ini demikian khas dan mencolok, yaitu;



Awal tahun 80-an adalah kemunculan dari stasiun musik paling fenomenal yang pernah ada. Apabila stasiun televisi pada umumnya berisikan berbagai macam hal seperti berita, musik, drama dan film kartun dari berbagai macam topik seperti politik, hiburan, edukasi, anak-anak dan sebagainya. MTV hadir seperti angin segar. Stasiun televisi ini hanya menyiarkan segala hal tentang musik, terutama video musik. 24/7! Artikel ini dan ini menceritakan hal tersebut. 

"...the power of the video on MTV overwhelmed the importance of the music." (CBS, 2013)
"During the station's early days they relied heavily on video-savvy British acts to fill airtime." (The Guardian, 2011)

Salah satu kampanye terbesar dan terbaik MTV sepanjang masa adalah I WANT MY MTV, dimana MTV berhasil membuat calon penonton untuk memaksa TV kabel langganannya memasukkan MTV sebagai salah satu channel televisi pilihan. Pada iklan yang ditayangkan, banyak musisi UK yang masuk menjadi bagian dari kampanye ini. MTV memadukan kampanye dan rasa haus penonton akan musik berkualitas. 

Secara spesifik, era 90an dianggap sebagai periode Cool Britannia, dimana ini adalah masa peningkatan kebanggaan akan budaya Inggris pada tahun 1990an, terinspirasi oleh budaya pop tahun 1960. Hal ini terjadi karena kesuksesan para musisi di tahun 90an ini membawa optimisme tersendiri bagi masyarakat Inggris setelah tahun-tahun dunia musik penuh gejolak yang terjadi di era 70 dan 80an.

Jadi sangat wajar rasanya kenapa musik yang dihasilkan para musisi Inggris pada masa itu, dianggap sebagai bagian dari tonggak penting dunia musik tahun 90an.

Siapa saja sih musisi dari generasi invasi kedua UK ini yang saya pilih sebagai perwakilan terbaik? Tanpa mereka, tahun 90an saya terasa sepi dan hambar.

Tanpa urutan atau ranking tertentu, berikut musisi-musisi favorit (serta lagu terbaik mereka menurut saya) yang mewakili generasi tersebut. Lagu-lagu di bawah ini juga masuk dalam jajaran lagu BritPop terbaik versi Paste Magazine di sini.

ASH - GIRL FROM MARS



You'll never go wrong with handsome vocalist with colored paint all over his body and sexy accent! 

Lagu ini adalah lagu terbaik yang pernah dikeluarkan Ash dan pernah menjadi nada sambung di kantor NASA. Album 1977 dianggap sebagai salah satu dari 500 album terbaik sepanjang masa oleh NME. NME terdiri dari kumpulan jurnalis dan kritikus musik Inggris. 

Berasal dari Irlandia, seperti pendahulunya The Cranberries dan U2, Ash juga banyak membawakan musik dengan lirik yang kental akan isu-isu sosial. Salah satu masa terbaik mereka ketika gitaris wanita, Charlotte Hatherley, bergabung dengan mereka di medio 1998.

BLUR - SONG 2



Blur adalah salah satu band favorit saya, dan susah rasanya memilih lagu yang paling berkesan dari mereka. Pertama kali mendengar mereka melalui lagu-lagu dari album Parklife, salah satu album terbaik mereka imo. Girls&Boys adalah satu lagu yang cukup berkesan untuk saya, baik dari sisi musikalitas maupun video musik. Suara Damon Albarn, sang vokalis utama, yang terkesan malas-malasan saat menyanyi menjadi satu magnet tersendiri. Walaupun favorit saya Alex James, tapi sex appeal-nya Mas Damon ini emang tinggi. 11-12 lah sama Jude Law.

Song 2 sendiri adalah single andalan dari album kelima mereka yang juga self-titled nama band mereka, Blur. Album dengan self-titled biasanya adalah debut album, sebagai upaya untuk menjual nama penyanyi itu sendiri, namun berbeda dengan beberapa penyanyi di tahun 90an. Tidak banyak dari musisi UK ini melakukan hal serupa, kalaupun ada, seperti Blur, melakukannya setelah punya nama dan sebagai upaya eksistensi diri di pasar. Musisi seperti Pulp, Coldplay dan Oasis tidak memiliki self-titled album sampai saat ini. 

Lagu Song 2 ini sungguh khas dengan teriakan WOO-HOO yang disuarakan Albarn. Hampir sama berkesannya dengan senandung NA NA NA NA dalam lagu Charmless Man, tapi beda power saja. Keunikan lain dari lagu Song 2 adalah durasinya yang tergolong pendek, hanya sekitar dua menit. Lebih mirip durasi intro album daripada lagu utama. Lagu ini juga masuk dalam materi promosi Piala Dunia 1998.

DODGY - GOOD ENOUGH



Dari semua musisi yang tertulis di sini, Dodgy mungkin yang paling kurang terdengar namanya. Mereka memang tertutup bayang-bayang kesuksesan musisi Inggris lainnya. Salah satu penyebabnya, tidak banyak material musik mereka yang dapat digolongkan sukses. Good Enough adalah satu-satunya single mereka yang berhasil masuk ke jajaran Top 5 tangga lagu UK.

Lagu ini kembali terkenal di tahun 2018 ini oleh para fans klub Sepakbola Liverpool FC. Mereka melakukan re-work pada lirik lagunya untuk memberikan apresiasi pada striker Muslim asal Mesir klub tersebut, Mohamed Salah. Kreasinya dapat dilihat di sini

SUEDE - BEAUTIFUL ONES



Salah satu band yang memiliki ke-khas-an lainnya adalah Suede. Banyak musisi yang menyebutkan grup band ini memengaruhi musik mereka, dan bahkan menobatkannya sebagai salah satu band terbaik tahun 90an. Manic Street Preachers, salah satu musisi berpengaruh dari tahun 90an lainnya, melakukan rekam ulang salah satu lagu Suede, Drowners, untuk single pada b-side album mereka.

Oh, satu yang penting, tentu menurut saya lah ya, Brett Anderson is aging marvelously. Out of all vocalists from the 90s Britpop era, he's still super handsome nowadays! Brett baru saja mengeluarkan memoar kisah hidupnya awal tahun ini yang bertajuk Coal Black Mornings. Sepenggal kisahnya dapat ditemukan di sini. Lucunya, dia tidak pernah berharap jadi front-man suatu band. 

PULP - DISCO 2000



Berdiri di tahun 1978, grup ini sebenarnya lebih cocok masuk ke era 70 atau malah 80an. Namun, karena masa-masa terbaik grup ini ada di medio 1994-1996, maka mereka masuk ke aliran tahun 90an. Musik Pulp sedikit berbeda dengan angkatan musisi Inggris lainnya, karena nuansa disko yang cukup kental. Mereka adalah satu dari Empat Besar Britpop  masa itu, bersanding dengan Oasis, Blur dan Suede.

Beberapa lagu Pulp cukup menjadi icon tahun 90an, terutama Common People, yang terpilih oleh survei yang diadakan BBC sebagai lagu kebangsaan Britpop. Saya sendiri lebih suka Disco 2000 karena liriknya yang lucu tapi sebenarnya menyedihkan. Melodinya sendiri gampang melekat di ingatan dengan kata-kata... year 2000-nya.

THE VERVE - BITTERSWEET SYMPHONY




Intro lagu ini sudah membuat pendengarnya terlena dan secara instan menyukainya. Pas sekali hook yang dibuat di awal untuk mengikat calon penikmat lagunya. Grup sekelas Moby dan Limp Bizkit membuat versi sendiri atas lagu ini, dan memasukkannya ke dalam album mereka. Noel Gallagher dari Oasis bahkan membawakan lagu ini dalam beberapa kesempatan. Salah satu film yang cukup iconic di tahun 90an, Cruel Intentions, menjadikan lagu ini sebagai closing song.

Tidak heran apabila semua pencapaian yang didapat lagu ini membawanya mengantar The Verve meraih nominasi Grammy. Tahun 1999, Bittersweet Symphony dinominasikan sebagai Best Rock Song di Grammy Awards. Sayang, saat itu kedigdayaan RHCP dengan Scar Tissue mengalahkan mereka. 

OASIS - DON'T LOOK BACK IN ANGER


Sungguh bukan satu kesengajaan apabila Oasis muncul terakhir. Walaupun tidak pernah dinobatkan secara langsung, menurut saya Oasis adalah pemimpin pergerakan invasi kedua ini. Media kenamaan The Telegraph bahkan menuliskan artikel yang cukup komprehensif terkait dampak Oasis terhadap dunia musik Inggris terutama di tahun 90an, seperti tertulis di sini.

Oasis juga cinta pertama saya terhadap Britpop. What's the story (morning glory) adalah salah satu album terlecek yang saya miliki, saking seringnya cover albumnya saya buka-buka buat dibaca-baca liriknya. Sama seperti Blur, susah sekali bagi saya menentukan lagu dari grup ini untuk dimunculkan. Ada begitu banyak favorit selain lagu ini, mulai dari Wonderwall, Champagne Supernova (yang musik videonya lama banget, sampai kalau lagi nonton terus kebelet pipis, nahannya lama sangat huhu), Roll with It atau Stand by Me.

Grup ini juara karena kejeniusan dua bersaudara Gallagher yang suka saling berseteru. Saat mereka sedikit akrab, karya luar biasa akan keluar dari mereka, seperti Wonderwall contohnya. Wonderwall diungkap sebagai salah satu karya musik terbaik dari era 90an. Albarn bahkan pernah mengungkapkan penyesalannya kenapa tidak menulis lagu ini terlebih dahulu. Pernyataan yang aneh, namun mengingat rivalitas kedua band besar ini di tahun 90an, nampaknya cukup dapat dipahami psy war yang mereka lakukan satu sama lain.

Kenapa akhirnya saya memilih lagu ini? Simpel. Noel adalah vokalis utama lagu ini, menggantikan saudaranya yang sejatinya adalah sang vokalis utama grup. Noel adalah personil favorit saya dan otak utama Oasis. Kalau Noel nyanyi, Liam ngapain dong? Duduk manis saja tebar pesona macem Ahmad Dhani di masa kejayaan.

***

Jadi, itulah sekelebat ingatan saya akan Britpop. Masih banyak lagi sebenarnya grup yang mengingatkan saya akan kejayaan Britpop di era 90an. Misalnya saja Texas, Kula Shaker, The Stone Roses, Ocean Colour Scene, Catatonia atau Placebo. Kula Shaker terutama, cukup menarik untuk dibahas karena pengaruh musik Indianya sangat kental dalam karya mereka. Duh, makin panjang aja nanti ini tulisan kalau semuanya dibahas haha.

Kalau kamu, apa lagu kesukaan dari musisi UK era 90an?

8 comments:

  1. Seneng bahas ini yaaa! Terus gue jadi searching deh lagu-lagu buat dimasukin ke si novel wattpad. Enggak cukup satu postingan kayanya buat bahas musik rock 90's!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat bahas seluruh tahun 90an kita bisa bikin kamus ala kita sendiri bow.. 🤣🤣🤣

      Delete
  2. Aku kangen banget MTv yg dulu!!

    ReplyDelete
  3. MTV ! Hahahaa bsner bgt itu maksain masuk ada di channel tipi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kudu banget channel tv ada MTVnya duluuuu 😂

      Delete
  4. MTV has brought me to know Atomic Kitten, BLUE, FIVE! Bener banget klo MTV faktor esensial di 90'an dulu. Very nice post Asti ❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. British Pop Group will def follow next on our post! 💓

      Delete