Monday, May 28, 2018

Liburan Hemat Tanpa Utang - Pilih Pulang di Hari Senin

Photo by James Coleman on Unsplash

Liburan bukan satu barang mewah lagi saat ini. Untuk sebagian besar orang, liburan bahkan sudah menjadi gaya hidup, bagian dari kebutuhan sehari-hari. Namun lebih dari sekedar gaya hidup, liburan juga memiliki banyak kualitas baik. Sehingga sangat disarankan untuk menjadwalkan waktu untuk sekedar berlibur di sela-sela waktu kita. 

Salah satu penyebab meningkatnya liburan menjadi gaya hidup masyarakat, seperti diungkapkan melalui saluran berita berikut, adalah perkembangan teknologi yang demikian pesat. Saat ini, siapapun dapat dengan mudah melakukan perjalanan wisata sendiri, dengan bermodalkan internet dan ponsel.

Tidak heran apabila melihat dua sisi ini, gaya hidup dan kemudahan, banyak yang rela berutang demi dapat berlibur. Kasus Fransisca Paisal (Sisspai) adalah salah satu yang ramai diperbincangkan di media masa. Seperti gali lubang tutup lubang, demi memanjakan hasrat jalan-jalan, Sisspai rela berhutang sana-sini untuk membiayai hobinya tersebut. Demi sekali.

jangan sampai terjadi ya...
Padahal ada cara mudah untuk memastikan kantong tidak berlubang, sementara eksis jalan terus. Salah satu trik yang banyak dilakukan traveler dunia adalah memilih jam penerbangan dengan baik. Seperti kita ketahui, bepergian dengan pesawat terbang salah satu pilihan transportasi yang paling efektif. Cermat memilih penerbangan, dipastikan akan membantu kita lebih segar saat tiba di tempat tujuan, mengingat waktu tempuh yang lebih singkat, dibandingkan moda transportasi lainnya.

Namun, biaya tiket pesawat sangat tidak bersahabat dengan deretan angka di buku tabungan kita. Alih-alih mendapatkan keuntungan waktu tempuh singkat, ternyata rekening tabungan kita mendapat angka merah. Bikin trauma mau balik liburan lagi jadinya, ingat perjuangan luar biasa yang harus dilakukan untuk mengembalikan saldo.

Nah, sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Expedia di tahun 2015, ternyata ada kunci terbaik untuk memilih tiket penerbangan dengan harga bersahabat. Hari terbaik untuk terbang rata-rata jatuh di pertengahan minggu, antara senin-kamis. Apapun pilihan hari berangkat, pastikan kembali ke kota asal di hari Senin.



Common sense-nya kenapa Senin, tentu saja berkaitan dengan peralihan antara hari paling ramai penerbangan (akhir pekan) dan paling sepi (selasa). Awal minggu banyak pekerja, terikat ataupun tidak, memulai hari dengan berbagai macam tantangan. Sehingga sangat jarang ditemukan seseorang pergi berwisata, atau bahkan melakukan business trip pada hari Senin. Senin adalah saatnya meeting mingguan secara rutin.

Coba deh mulai cek-cek tiket penerbangan, tentukan saat kembali di hari Senin, siapa tahu tujuan wisatamu berikutnya lebih murah dari yang dibayangkan. 

Kasih tahu hasil pencarianmu di bawah sini ya!



0 comments:

Post a Comment