Wednesday, June 20, 2018

Mencari Platform Menulis yang Sesuai Hati

Photo by rawpixel on Unsplash

Menulis dan menyebarkan karya semakin mudah saat ini. Banyak pilihan platform menulis yang bisa dipakai sebagai sarana menyebarkan tulisan, sehingga memudahkan (calon) penulis untuk langsung mendapatkan feedback atau sekedar menyebarluaskan tulisan.

Berikut beberapa pilihan platform menulis yang dapat dijadikan sebagai referensi.


WATTPAD



Wattpad adalah platform menulis paling terkenal. Berdiri tahun 2006 berdasarkan kolaborasi dari dua inisiatornya, Allen Lau dan Ivan Yuen, saat ini sekitar satu juta orang diklaim telah menjadi pengguna platform ini. Memiliki 50 jenis bahasa yang diakui, 77% cerita di dalamnya lebih banyak dalam bahasa Inggris.

Wattpad sendiri mudah diakses dan cukup stabil untuk menulis, baik lewat situs langsung atau aplikasi ponsel. Satu yang menyenangkan lainnya, banyaknya ranking-ranking serta penghargaan yang dibuat wattpad sehingga membantu penulis untuk mempromosikan karyanya. Salah satu yang cukup terkenal adalah The Wattys. 

The Wattys adalah acara tahunan yang dibuat oleh wattpad untuk merayakan keberagaman tulisan yang ada. Terlepas dari populer atau tidak, banyaknya pembaca atau tidak, Wattys akan memilih cerita terbaik berdasarkan masing-masing kategori, sesuai penilaian para panelis. Alasan ini membuat saya menyukai wattpad, penghargaan mereka terhadap penulis-penulis baru.

Butuh bantuan membuat cerita di wattpad? Cek di sini ya. Kalau sudah punya akun, temenan yuk bareng di sini.

STORIAL



Platform menulis karya anak bangsa ini berdiri tahun 2015 lalu. Steve Wirawan, Aulia Halimatussadiah dan Brilliant Yotenega membangun startup ini setelah sukses dengan Nulis Buku, platform pencetakan buku secara on demand. 

Memiliki kurang lebih 20 ribu pengguna, banyak penulis tenar lahir dari platform ini. Tahun ini mereka merilis Storial premium, dimana penulis bisa mengomersilkan karya mereka dengan membuat beberapa bab dari cerita mereka menjadi berbayar. Bernard Batubara salah satu yang mempopulerkan konsep ini melalui cerita Espresso.

Storial rutin mengadakan lomba menulis, salah satunya dilakukan via akun instagram seminggu sekali. Nulis kilat mengajak penulis untuk mampu bercerita dalam rentang waktu tertentu, dengan topik yang diberikan. Selain aktivitas daring, Storial cukup sering melakukan aktivitas temu muka juga. Beberapa di antaranya bahkan gratis. Saya sendiri cukup menikmati beberapa keseruan acara temu muka mereka.

Cara membuat akun di storial dapat dilihat di sini. Cukup mudah menurut saya untuk menulis dan menerbitkan buku baru di sini. Apabila cerita bahasa Indonesia adalah kesukaan, Storial wajib jadi pilihan utama.

SWEEK


Sweek adalah salah satu platform menulis terbaru, baru diluncurkan 2016 lalu dan merambah Indonesia tahun ini. Kemunculan sweek di Indonesia cukup sensasional karena kerjasamanya dengan penerbit terkenal grasindo. Kompetisi #GrasindoFictionWeek adalah program yang cukup cepat menarik banyak pengguna baru untuk aktif di sweek.

Selepas kerjasama dengan Grasindo yang masih berjalan tahap penilaian saat ini, Sweek masih memiliki beberapa kompetisi yang sdang berjalan. Kompetisi menulis cerita flashfiction dan fanfiction keduanya sedang berjalan saat ini. Sweek memang sangat giat untuk mencuri hati para penulis baru.

Ada beberapa komentar yang mengungkapkan belum stabilnya saat mengunggah cerita di Sweek oleh beberapa penulis, saya sendiri baru sempat coba update sinopsis dan cover awal jadi belum merasakan menulis langsung.

Cek langsung cara membuat akun baru dan mulai menulis di platform Sweek di sini.

ARCHIVE OF OUR OWN


Pecinta fanfiction pasti familiar dengan situs ini. Archive of Our Own atau yang akrab disingkat AO3 ini sudah cukup lama berdiri, dari tahun 2008. Hampir 4 juta cerita tersedia di dalam situs ini, semuanya berdasar dari kisah fiksi lanjutan atas cerita yang sebelumnya ada atau tokoh nyata. Sesuai namanya, fanfiction berdasarkan imajinasi penggemar yang ingin membuat cerita sesuai dengan keinginannya.

AO3 memiliki berbagai filter untuk mencari cerita sesuai keinginan, atau sesuai fandom kesukaan. Ada beberapa filter yang tersedia, misalnya usia dan jenis hubungan (relationship) yang dicari. Beberapa cerita bahkan membuat content filter yang ada di dalam cerita sebagai peringatan. Misalnya character death, yang berarti akan ada karakter dalam cerita yang meninggal. Seperti saya yang tidak suka kesedihan, filter ini pasti yang pertama saya hindari lol.

Fandom terbesar yang ada di dalam situs ini adalah Harry Potter, Marvel serta film seri Sherlock dan Supernatural. Salah satu karya terlaris yang paling banyak dibaca berjudul I Am Groot (dari fandom Guardian of the Galaxy) yang bersifat erotis dengan dialog I Am Groot saja diulang-ulang tanpa tambahan kalimat lainnya.

AO3 belum punya aplikasi ponsel resmi yang nyaman, sehingga lebih banyak diakses lewat web browser. Namun untuk android, ada aplikasi buatan fan bernama Archive Tracker yang mudah digunakan. Banyaknya orang yang mengakses situs ini sempat membuat AO3 berhenti beberapa bulan lamanya menerima pengguna baru, karena server yang tidak kuat lagi.

Sudah tak sabar membuat cerita kelanjutan kehidupan Harry, Hermione dan Ron setelah berkeluarga? Cek cara membuat tulisan AO3 di sini.

ASIANFANFICS



Sesuai namanya, situs ini adalah versi Asia dari AO3. Biasa disingkat AFF, situs ini didirikan di tahun 2009 oleh Jason Ado (nama aliasnya Nichiren). Situs favorit saya karena banyak fandom Kpop ngumpul disini haha.

Ado merancang situs ini untuk membantu temannya yang seringkali berkeluhkesah ceritanya terhapus apabila diunggah di tempat lain. Walau temannya telah meninggal, setahun setelah AFF dibuat, Ado tetap mempertahankan situs ini sebagai tribute untuk sang teman.

Jason Ado memang berasal dari Amerika, namun sesuai nama situs ini, cerita-cerita yang ada di dalamnya berdasar dari dunia hiburan Asia seperti buku, serial, musik atau games. Sebagian besar isi cerita dalam AFF berdasar pada, you guessed it, K-Pop band (that is why i love it dearly lol). Alasan ini pula yang membuat AFF mempunyai sister site bernama fanficoverflow.com (FFO) dimana terdapat aturan tidak boleh ada cerita Kpop di dalamnya haha. Berbeda dengan AFF yang fokus ke dunia hiburan Asia, FFO berfungsi hampir sama dengan AO3.

Membuat cerita di AFF cukup mudah, silakan ikuti langkah singkat di sini ya.


Nah, di atas adalah bermacam platform menulis (dan membaca apabila tidak ingin menulis) yang dapat dipilih. Ada platform lain yang jadi favorit kah?

Boleh komen di bawah ya. 


0 comments:

Post a Comment