Wednesday, December 16, 2020

Duolingo: Belajar Bahasa Korea Jadi Mudah

Duolingo Bikin Mudah Belajar Bahasa Korea



Sebagai penyuka segala hal yang berbau Korea, tentu bisa berbahasa Korea adalah impian. Kebayang senangnya menonton acara-acara produksi Korea Selatan tanpa perlu menunggu sub-title Bahasa Indonesia atau Inggris keluar dahulu. Lebih serunya lagi, kalau suatu saat bertemu artis asal negeri Ginseng ini kan jadi bisa ngobrol langsung kan ya (halu saja dulu 😬).

Masalahnya belajar bahasa Korea dalam kondisi waktu terbatas sungguh sulit. Namun karena keinginan bisa Bahasa Korea tinggi, setidaknya bisa baca itu huruf kotak-kotak ya, saya cari-carilah alternatif belajar Bahasa Korea dengan mudah. Salah satu jalannya, lewat aplikasi.

Baca JugaNarabahasa Mengingatkan Indahnya Berbahasa Indonesia


Duolingo Bikin Belajar Bahasa Korea Menyenangkan


Sebenarnya cukup banyak aplikasi belajar bahasa di luar sana, tetapi semenjak saya kenal Duolingo, aplikasi ini masih yang terbaik dari sisi kepraktisan belajar bahasa asing. 

Saat ini Duolingo digunakan lebih dari 120 juta orang dan memiliki pilihan 19 bahasa untuk dipelajari. Untuk belajar bahasa Korea, bahasa pengantar yang digunakan adalah Inggris.

Saat pertama memilih Bahasa yang dipelajari, Duolingo akan bertanya apakah pengguna sudah memiliki kemampuan berbahasa sebelumnya atau tidak. Apabila telah menguasai beberapa keahlian dasar, Duolingo memberikan tes penentuan level, sehingga pengguna tidak perlu belajar dari awal. 

Lewat Aplikasi Ponsel atau Situs Internet, Sama Nyamannya


Duolingo dapat diunduh di ponsel dengan gratis. Namun apabila ingin mengakses lewat desktop, silakan ke situs Duolingo dan mendaftar. Kamu juga dapat menautkannya dengan akun Gmail, sehingga lebih mudah saat login. Setelah itu, silakan pilih mau belajar lewat ponsel atau desktop, selama alamat surel yang digunakan sama, maka data belajar di Duolingo akan tersambung.




Tampilan Duolingo cukup nyaman. Tidak ada perbedaan antara versi desktop dan ponsel, selain bentuk vertikal dan horizontal. Juga jangan khawatir tidak bisa menjawab soal, Duolingo akan memaksa kita menjawab sampai benar.


Tampilan Duolingo di Desktop

Tampilan Duolingo di Ponsel


Setelah menyelesaikan setiap materi, pengguna akan diberikan kesempatan untuk me-review pengerjaan soal untuk mengingat kembali kesalahan yang dilakukan.
Review soal Duolingo



Kompetisi yang Membuat Semangat Belajar Bahasa Korea


Setiap pengguna Duolingo akan mendapatkan poin (disebut XP) setelah menyelesaikan satu materi. Semakin sering belajar lewat Duolingo, semakin tinggi peringkat kita dan tentunya semakin sulit materi yang akan dikerjakan. Setiap selesai satu materi dan atau naik liga, pengguna juga akan mendapatkan reward berupa koin yang dapat digunakan untuk macam-macam, misalnya mendapatkan dobel XP saat mengerjakan satu materi. Total ada 10 liga yang akan dilewati. Saat ini saya masih di liga keempat, Sapphire. 


Ranking Liga Duolingo

Apabila sudah mencapai semua liga, nantinya akan mendapatkan sertifikat tanda telah menyelesaikan semua level. 

Sertifikat Duolingo


Duolingo cocok untuk mereka yang ingin menguasai baca dan tulis dengan cepat, tetapi tidak disarankan untuk mengejar kemampuan berbicara. Mengingat soal-soal yang diberikan dalam versi membaca dan mendengarkan saja, tidak ada kesempatan berkomunikasi.  

Satu bulan terakhir ini saya belajar dengan Duolingo setiap hari minimal satu materi pagi-pagi sebelum memulai rutinitas, doakan semoga menjadi kebiasaan ya, biar segera bisa menonton drama Korea langsung tanpa subtitle haha.


Kalau kamu, kenapa ingin belajar Bahasa Korea? 




 



6 comments:

  1. Pemerintahan Korea memang pinter. Untuk mencapai seperti sekarang mereka memprosesnya selama sepuluh tahun, dan mereka sukses. Gak heran kalau di hari-hari ini apa saja yg dari sana bikin orang tertarik, termasuk bahasanya. Semoga setelah ini RI bisa begitu, ya.

    ReplyDelete
  2. mbak ini beneran bisa dipraktikkin? maksudnya, kalau ada orang korea ngomong, bisa ngerti gitu? soalnya katanya kalau dengerin native agak susah gitu, hehe. tapi rekomended sih. bisa dicoba ini

    ReplyDelete
  3. wah ini menarik banget ya mbak.
    apalagi drakor lagi hits-hitsnya banget

    ibarat kata ta lekang oleh waktu sih ,
    masih cukup merajai hati para wanita indonesia hahaha.

    apalagi buat para "bucin" drakor yaa pasti pengen banget bisa bahasanya oppaa :))

    ReplyDelete
  4. Iya pengen belajar bahasa Korea deh, aku belajarnya dari buku, mau coba duolingo ini juga ah...

    ReplyDelete
  5. Aku udah nyobaaa.. seru..
    Biasanya bengong scroll2 sosmed kan, ini main hp tp belajar bahasa korea jadi lebih berfaedah

    ReplyDelete
  6. wah iya aku juga pernah install duolingo walaupun hanya sebentar kak ehhehe. tertarik juga bisa bahasa korea biar bisa baca tulisan di kemasan skincare korea hahahah

    ReplyDelete