Saturday, June 30, 2018

Ngomongin Heartthrob-nya Tahun 90an


Fenomena artis TikTok, bocah Youtubers sampai selebgram cilik bikin saya dan Mamah Merah gemes mau ngobrolin hal yang sama tapi pake mesin waktu balik diskusinya. Yup, di tahun 90an ada ga sih fenomena yang sama? Bocah cilik disukai oleh seantero jagat. Soalnya marak banget di banyak laman media sosial serta situs berita daring ngobrolin fenomena Bowo salah satunya, yang kayanya engga banget. Tapi kalau dipikir-pikir, tahun 90an juga sama deh kayanya.

Jadi deh minggu ini kita bagi tugas, Mamah Merah bakal ngobrolin dari ranah lokal sementara saya nyentuh ranah interlokal, eh internasionalnya. Seru pisan ini kayanya, ngomongin para cowok yang dulu sukses berat merebut hati jutaan gadis perempuan remaja.

Saya sendiri rada lupa siapa saja ya para cowok yang dulu mukanya ada dimana-mana, di setiap halaman majalah remaja, pin-up yang bertebaran di dinding kamar serta seliweran di berbagai acara di televisi? Hmm... Browsing sana-sini, wow, ternyata banyak ya, dan baru ingat sekarang lol. Langsung kenangan balik ke masa dulu mengingat-ingat jaman dimana para cowok ini adalah segalanya eaaa ga segitunya sih beneran.

Agar masih sesuai dengan topik bahasan kita, Bowo TikTok sapa tau lupa yaitu cowok penggoda seantero jagat, maka saya batasi kriterianya. Hanya para laki-laki yang saat terkenal masih sangat bocah belum akil baligh lah yang dapat dikatakan masuk kriteria. 

Siapa saja sih mereka?
Ada lima yang kalau mereka seumuran Bowo saat ini, pasti penggemar dek Bowo galau mau pilih Bowo atau adek-adek yang inih.


JOSEPH GORDON LEVITT

Cowok ini sampai sekarang masih eksis. Bukan hanya sekedar eksis, tapi juga banyak tampil dalam film-film berkelas seperti Dark Knight Rises, Inception dan 500 Days of Summer. Dalam film terakhir, ia bahkan memeroleh nominasi Golden Globe. Satu prestasi yang tentu layak dibanggakan.

Saat kecil, Joseph sering wira-wiri di berbagai drama terkenal. Drama yang membuatnya menjadi pusat perhatian adalah 3rd Rock from the Sun sebagai Tommy Solomon. Karakter Tommy yang ngeyel-ngeyel usil ini memikat banyak orang dan membuat nama Joseph jadi pusat perhatian. Kemunculan berikutnya di film layar lebar yang juga sangat terkenal di tahun 90an, 10 Things I Hate About You, membuat namanya semakin berkibar.

RIDER STRONG

Boy Meets World adalah salah satu serial favorit saya dulu kala. Di Indonesia dulu kala tayang di Indosiar, pagi hari kalau tidak salah. Harinya saya lupa, yang pasti dulu jadi sering nunda-nunda mandi nungguin serial ini lol. 

Karakter favorit saya sebenarnya kakaknya Cory Matthews yang diperankan si ganteng Will Friedle, tapi tentu saja karena dia ga memenuhi syarat imut-imut disini, kita harus drop si kakak konyol ya. Pilihan berikut tentu jatuh ke karakter Shawn Hunter, temennya Cory yang bandel jahil tapi ganteng gemesin ini. Tujuh tahun bertahan di serial Boy Meets World membuat Rider Strong kembali membintangi semacam spin-off nya di tahun 2014, Girl Meets World. Will Friedle ga main disini hiks

Rider Strong salah satu wajah yang banyak ditemukan dalam majalah-majalan remaja super terkenal tahun 90an, seperti BOP atau Teens. Sewaktu Boy Meets World belum masuk teve lokal, saya selalu mikir siapa sih cowok ini kok terkenal banget. Nah, pas lihat aktingnya di serial tersebut jadi tahu kenapa. Banyak banget kan cewe suka sama karakter bad boy ye kann.

HANSON
Tiga bersaudara ini super terkenal dengan lagu gumaman mereka sekitar dua puluh tahun lalu. Yes, gila ya, sudah dua puluh satu tahun berlalu sejak mereka rilis album Middle of Nowhere yang fenomenal tersebut. 

Ga mungkin banget anak 90an ga pernah dengar gumaman Mmmbop dimana-mana dulu kala. Di televisi, video musik lagu ini terus berulang. Jangan tanya di radio, semua request kayanya ga habis-habis minta diputarin. Saya sendiri sampai lumayan sebel dulu dengerinnya haha. Taylor, salah satu personilnya, jadi salah satu anggota yang memiliki banyak penggemar dan jadi bahan perbincangan dimana-mana (sst, sekarang pun dia masih yang paling ganteng). 

Konsernya di Hard Rock Cafe Jakarta beberapa tahun silam, cukup membuat heboh dengan pecahnya dinding kaca milik cafe tersebut akibat tidak kuat menampung banyaknya penggemar Hanson yang memenuhi lokasi. Kalau di Jakarta saja demikian luar biasa antuasiasmenya, kebayang di luar negeri kan.

DEVON SAWA
Ini laki sumpah dulu mikirnya overrated banget dibilang tampan, cakep, ganteng dan segala rupa tapi nyebelinnya, ternyata memang benar kalau dibilang seseorang akan punya their five minutes to fame momen masing-masing. Momen milik Sawa adalah ketika ia muncul di serial Casper di akhir cerita, ketika Casper menunjukkan wujud aslinya di hadapan karakter yang diperankan Christina Ricci. Jutaan gadis remaja yang lahir di era 90an pasti menyimpan momen tersebut dalam satu area di dirinya.

Saya sendiri sampai saat ini belum pernah menonton film tersebut, tapi kena demamnya karena teman dekat saya dulu selalu menceritakan plus mengulang-ulang adegan tersebut sampai rasanya saya ikutan nonton haha. Kemunculannya di Now and Then pada tahun yang sama dengan Casper, membuat popularitasnya semakin booming di era 90an. Sebagai pelanggan majalah remaja yang cukup banyak saat muda belia dulu, setidaknya ada pin up Devon Sawa yang muncul dalam selang dua minggu penerbitan satu majalah. Inget bener haha.

Sampai saat ini pun, pria ini masih cukup rutin muncul di beberapa film layar lebar dan kaca. Setelah cukup sukses dengan film tier-2 seperti Idle Hands dan Final Destination, karirnya lumayan stabil di layar kaca lewat beberapa serial di saluran kabel The CW.

JONATHAN TAYLOR THOMAS (JTT)
Dari semua list cowok di tulisan ini, saya paling ga habis pikir dengan yang ini. Hahahahaha... Kenapa dia dimasukin ke list ya kalau saya sendiri mikir. Soalnya cowok ini dulu memang benar-benar ada dimana-mana, literally everywhere. Karyanya menurut saya biasa saja, tidak ada yang istimewa, kalau pun menarik, menurut saya masih banyak yang lebih menarik dari dia. Mungkin persis dengan pikiran banyak orang soal Bowo saat ini.

Tapi saat saya browsing dan mencoba mencari tahu siapa saja cowok pujaan tahun 90an dulu, nama JTT selalu muncul di urutan teratas. Jadi ga aneh ingatan masa muda saya, JTT benar ada dimana-mana dulu. Kemunculannya yang paling memorable adalah sebagai pengisi suara Simba yang ga muncul dong mukanya di filmnya kannn dan tampil di serial Home Improvement ga terlalu beken juga sih ini serial

Jadi pas banget kan kalau ini cowok ada di daftar ini? Mencerminkan keheranan kenapa Bowo lebih unggul dari jutaan laki-laki Indonesia, sama seperti kenapa JTT lebih terkenal dari jutaan cowok 90an dulu kala. Pas!

JTT belum ada satupun karya lagi di ranah publik semenjak terlihat terakhir di acara TV Last Man Standing punya bokapnya tahun 2006, sekitar 12 tahun lalu. Hmmm...

Ada lagi ga laki imut-imut tahun 90an yang kira-kira, kalau seumuran sama Bowo sekarang, bisa menyaingi popularitas dia? Komen yuk.

Jangan lupa cek cowok lokal punyanya Mamah Merah juga yaaa di sini. Lucu juga mengenang cowok-cowok kinyis masa lalu ternyata haha.












2 comments:

  1. Eaaa, cowok zaman dulu gak kalah ganteng kann. Hihihi. Paling suka Devon sawa sama Hanson dulu. Eaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastinya dong ya mak, kalau sampe posternya ada dimana-mana dulu hahaha

      Delete