Saturday, January 23, 2021

Shine! with Jessica Jung

 



Hari Sabtu (24 Januari 2020) kemarin sempat ikut salah satu sesi di acara seru bertajuk Ruang Tengah #Bersama. Ruang Tengah #Bersama adalah festival literasi daring yang dilakukan melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU). Festival literasi daring ini dilakukan sejak tanggal 16 - 24 Januari 2020 dengan tujuan mempertemukan penulis, pembaca serta anggota redaksi. 


Hampir 30 narasumber dari berbagai profesi (di antaranya penulis, penyair, koki, dokter) meramaikan festival literasi daring ini, untuk membahas berbagai topik. Ada lebih dari 20 sesi yang dipersiapkan sesuai jadwal di sini. Dalam jadwal Ruang Tengah #Bersama tersebut memang tidak terlihat akan kehadiran sesi membahas buku Shine milik Jessica Jung. Sesi ini adalah sesi kejutan dan terpisah dari harga sesi-sesi lainnya.



Jessica Jung sang Penulis Shine


Novel perdana karya Jessica Jung berjudul Shine terbit pertama kali di September 2020. Novel ini bercerita tentang Rachel Kim seorang remaja keturunan Korea-Amerika yang ingin menjadi superstar K-Pop. Rachel berjuang bersama 8 orang rekannya untuk debut menjadi girl group baru di bawah naungan DB Entertainment - salah satu agensi hiburan besar di Korea Selatan.

Peraturan menjadi seorang anggota grup idola hanya dua - menjadi sempurna setiap saat dan tidak boleh berpacaran. Setiap harinya Rachel harus melalui banyak latihan yang ketat, ditambah dengan banyaknya cibiran akan asal muasalnya sebagai gadis yang lebih terlihat Amerika daripada Korea - Rachel melalui hari-harinya sebagai trainee (sebutan untuk mereka yang belum debut sebagai bintang idola) dengan berat.



Kehidupan Rachel Kim sebagai trainee semakin diuji ketika dia mengetahui sisi gelap industri hiburan Korea Selatan dan meragukan dirinya sendiri, apakah mungkin ia bisa bertahan dalam lingkungan ini? Jessica menuturkan melalui sesi-nya di Ruang Tengah #Bersama bertajuk Whatever It Takes, Shine! kalau kisah dalam novel ini berdasarkan kisah nyata. Tentu saja diramu dengan kisah fiksi. Jessica membiarkan pembaca untuk menebak-nebak mana aspek fiksi dan mana yang sesuai kenyataan.


Everyone shine in their own way


Mengenai judul bukunya sendiri, Shine, Jessica menyebutkan setiap orang dapat bersinar sesuai dengan cara mereka masing-masing. Dream big! sebut Jessica ketika Sunny Dahye (MC acara Whatever It Takes, Shine!) bertanya mengenai cara bertahan dalam industri hiburan. Talenta serta passion juga dua hal utama yang dapat membuat siapapun mampu mencapai impiannya.


Novel Kedua Bertajuk Bright


Kisah Rachel Kim tidak akan berhenti di Shine, Jessica Jung telah mengungkapkan rencananya menerbitkan sekuelnya di tahun ini. Sekuel Shine, bertajuk Bright akan bercerita mengenai perjalanan Rachel Kim yang telah dewasa dan menjadi superstar K-Pop.




Rachel Kim yang ekspresif sedikit berbeda dengan Jessica yang pendiam. Persamaan keduanya adalah membenci ketimun. Jessica memang banyak memasukkan beberapa unsur pribadi dirinya ke dalam kisah Rachel Kim. Salah satu adegan kesukannya di dalam cerita adalah sesi latihan wawancara. Ketika cahaya kamera menyorot, semua bintang idola diharapkan tampil sempurna. Namun, saat itu biasanya pikiran mereka menjadi kosong dan bingung untuk menjawab. Adegan ini dapat ditemukan juga di halaman awal novel Shine.

Mengenang masa trainee-nya, Jessica Jung ingat akan berlari ke McDonalds setelah latihan untuk membeli es krim seharga 300 won. 


Kehidupan Seorang Jessica Jung




Selain sebagai seorang penulis, Jessica Jung dikenal lebih dahulu sebagai penyanyi, aktris, model serta desainer. Jessica Jung memiliki lini fashion tersendiri yang bernama Blanc & Eclare. Di Indonesia, penyuka kreasi pakaian milik Blanc & Eclare dapat membelinya melalui situs Zalora. Saat ini ia juga dipercaya menjadi brand ambassador dari produk-produk Revlon. Hampir 10 juta pengikutnya di Instagram melihat betapa sibuknya perempuan berusia 31 tahun ini.


Pada acara Ruang Tengah #Bersama kemarin juga membuka sesi tanya jawab dengan Jessica Jung. Salah satu pertanyaan yang diungkapkan penggemarnya, Ellen Viola, adalah tentang caranya membagi waktu. 



Setiap harinya Jessica memiliki jadwal kegiatan, ia menyiapkan jadwal ini jauh-jauh hari sebelumnya. Setelah itu, ia selalu mematuhi semua yang ada di dalam jadwal. Dengan cara itu, Jessica memiliki waktu yang cukup untuk keluarga dan teman-teman serta dirinya sendiri. Sebuah cara yang sederhana namun susah sekali menerapkannya ya?


Penyanyi Jessica Jung

Walaupun sesi ini secara khusus membahas mengenai bukunya, tentu saja ada pertanyaan tentang kegiatan bermusik. Apapun juga, Jessica Jung pertama kali dikenal sebagai penyanyi. Tentu ia kangen sekali dengan dunia musik.



Salah satu pertanyaan yang masuk ingin tahu mengenai rencananya untuk merilis lagu baru. Mengingat situasi pandemi saat ini, Jessica tidak terlalu yakin untuk merilis lagu baru. Ia tidak terlalu menyukai ide untuk melakukan promosi melalui platform online sehingga sampai saat ini belum ada rencana mengeluarkan lagu baru. Sekarang ia hanya menunggu saat yang tepat.


Satu Jam yang Cepat Sekali



Sesi yang seharusnya berlangsung selama satu setengah jam nyatanya hanya berjalan kurang dari satu jam. Ada beberapa masalah teknis yang sempat dialami Jessica, terutama ketika memilih pertanyaan-pertanyaan yang akan dijawabnya. Namun, semua kesalahan teknis tadi tidak mengurangi serunya sesi yang ada. MC Sunny Dahye juga mampu membuat suasana sesi menjadi meriah. Sehingga walaupun acara berlangsung daring, tetapi tetap komunikatif. 

Kamu tertarik untuk ikutan acara festival literasi yang dilakukan secara daring?






15 comments:

  1. Seruuu banget yaa acaranya, banyak banget berbagai kalangan juga yang hadir dan ikut serta di acara daring.

    Tertarik banget donk aku pun untuk ikutan festival literasi secara daring, semoga ikutan di lain kesempatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bisa ikutan ya mba next kalau ada acara lain

      Delete
  2. Wah jadi pengen ikutan juga , kalau ada info next partnya bleh ya mbak info2 kami hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap mbak! di instagram GPU sering ada info acara2 menarik mbaa

      Delete
  3. Wah nampaknya ini agak seperti bedah buku juga nggak siih Mbak? Asik banget keliatannya, apalagi langsung nge-zoom bareng gitu hehe.

    Sepertinya setelah ini aku akan buka instagram GPU hihihi. Terimakasih telah menulis ini Mbak!

    ReplyDelete
  4. Setiap kali teman2ku membahas Korean wave, responsku adalah 'yg kusuka dari Korea cuma Samsung dan Gong Yoo' 😆 ya karena aku memang bukan penyuka musik Korea. Eh tapi sejak Listiorini mengulas novel Korea di blognya, aku jadi tertarik mempelajari budaya negeri ginseng ini mulai dari produk literasinya dulu. Dan artikel mbak Asti ini nambah referensiku deh 😉

    ReplyDelete
  5. Baca cerita kaka kayaknya seru banget hihi. Kangen jessica jung nyanyi deh jadinya

    ReplyDelete
  6. Aku baru tahu kalau jessica jung itu penulis juga 😶 karena yg aku tahu dia itu seringnya nyanyi, itu pun tau dari tmn2 yg suka kpop. Sedikit banyak jdi tau tentang hal2 berbau korea nih dri tmn2 ruang aksara ☺

    ReplyDelete
  7. uwaaaaa, saya ketinggalan acara ini kemarin. sempat lihat infonya lewat di IG, eh malah kelupaan. Terima kasih ya, mbak. sudah berbagi cerita acara ini, hehe

    ReplyDelete
  8. Saya selama ini taunya Jessica Jung di penyanyi, tapi ternyata penulis juga ya, wah keren nih

    ReplyDelete
  9. Menarik banget ini acara perkumpulan penulis ini ya.. aku baru tau ada acara keren seperti ini ya.
    Apalagi acaranya menghadirkan tamu-tamu dari kalangan luas dan penulis berbakat seperti artis k-pop

    ReplyDelete
  10. Jessica Jung, wah, saya baru tau nama ini. Keren ya, multi talented ternyata. Tapi 'talent' dia yg paling kuat bikin sukses kayaknya kedisiplinan dia, yah..?

    ReplyDelete
  11. Ih seru banget bisa nonton mba jess ya ampun jadi kangen SNSD OT9. Ini relate banget sama perjuangan para idol kpop sebelum mereka debut, bener-bener deh mati-matian buat jadi idol. Dan bener, mereka harus selalu perfect dan professional. Sebenernya boleh aja pacaran, tapi jangan ketauan, gimana coba? 😭😭😭 Duh jadi kangen mba jess, aku bakal beli ah bukunya duhh~

    ReplyDelete
  12. Penulisnya cantik ya? ada satu fotonya yang sekilas kaya park min young ya menurutku. Belum pernah kenal namanya tapi keren siy ternyata dia multi talenta.

    ReplyDelete
  13. Aku sempat ikut diskusi tentang bincang sastra di event ini, menarik acaranya. Jessica Jung ini kakaknya Krystal FX ya, karirnya makin cling yaa jadi pengusaha dan penulis buku. Kereen...

    ReplyDelete